Cara Cek dan Solusi Memori Card Tidak Terdeteksi

Solusi Memori Card Tidak Terdeteksi – Untuk pengguna smartphone, tentu saja, mereka sering mengalami masalah dengan memori / kartu microSD di ponsel mereka. Baik itu tidak terbaca di perangkat Android, atau SD Card yang rusak. Tentu itu akan sangat merepotkan bukan? Karena dikhawatirkan data yang kita miliki hilang dan tidak bisa dikembalikan. Tentu saja jika kartu memori pada ponsel kita rusak, kita akan berpikir untuk menggantinya dan membeli yang baru. Namun jangan buru-buru membuang kartu SD Anda yang rusak, karena belum tentu kartu memori benar-benar rusak, dan masih bisa diperbaiki serta bisa berfungsi dan digunakan lagi.

Untuk alasan ini, kita akan membahas sejumlah cara untuk memperbaiki kartu SD yang rusak, sehingga dapat digunakan kembali tanpa harus membeli yang baru, sehingga kita dapat menghemat pengeluaran kita, tentu saja. Berikut adalah cara-cara untuk menangani kerusakan memori / microSD atau sulit dideteksi, yang akan kita bahas dalam artikel ini:

Solusi Memori Card Tidak Terdeteksi

Solusi Memori Card Tidak Terdeteksi

Bersihkan kartu memori
Bantuan pertama untuk kartu memori yang tidak terdeteksi adalah mengeluarkan kartu memori dari perangkat Android Anda. Tetapi tentu saja ponsel Anda berada di posisi mati terlebih dahulu, sehingga tidak akan menambah kerusakan pada microSD Anda. Pertama-tama bersihkan pelat kuningan di bagian bawah kartu memori menggunakan penghapus pensil putih, gosok perlahan sampai piring kuninggannya bersih. Jika pelat kuninggan bersih, Anda dapat memasang kembali microSD pada gadget Anda, lalu periksa lagi apakah kartu memori dapat dideteksi atau tidak.

Format kartu memori melalui Android
Jika metode pertama telah dilakukan dan belum berhasil, Anda dapat mencoba memformat kartu memori menggunakan ponsel Android Anda. Dengan memasuki menu Pengaturan> Penyimpanan untuk melihat informasi terperinci dari kartu memori Anda. Kemudian pilih Erase External Storage Device maka semua data pada microSD Anda akan terhapus, sehingga ruang penyimpanan akan kosong seperti baru lagi.

Periksa melalui PC
Pertama, Anda dapat menghubungkan ponsel cerdas ke komputer dengan kabel data terlebih dahulu, dan memastikan bahwa ponsel cerdas Anda terhubung ke PC dalam mode Mass Storage Mode (MSC) alih-alih Media Transfer Mode (MTP). Atau Anda dapat menggunakan metode lain untuk melepaskan kartu memori dan kemudian menghubungkan ke PC menggunakan adaptor ketika terhubung ke PC dan kemudian membuka Windows Explorer, klik kanan pada drive kartu SD Anda, lalu pilih Properties> Tolls> Error Checking, dan biarkan proses berjalan sampai semua proses selesai.

Memformat Kartu SD melalui PC
Jika memori Kartu Anda terlihat bagus dan tidak ada masalah saat terhubung ke PC, tetapi ketika dimasukkan ke dalam bingkai kartu memori ponsel cerdas tidak terdeteksi. Coba gunakan metode berikut.

Pertama-tama salin semua data pada kartu SD ke PC Anda, buat folder baru untuk menempatkan semua file (File Cadangan) dari isi kartu memori Anda. Setelah data disalin, kemudian coba memformat kartu memori dari komputer Anda, jika proses format telah selesai coba masukkan SD Card lagi ke smartphone dan jika memori Anda terdeteksi maka Anda mengembalikan file yang Anda punya Cadangan.