Review ASUS ROG Maximus XI Extreme

Review ASUS ROG Maximus XI Extreme –  Ketika Intel merilis chipset Z390 untuk mendukung Intel Core i9, ASUS segera menyiapkan motherboard yang menargetkan dua pengguna target utama prosesor. ASUS merilis ROG Maximus XI Extreme yang memiliki fitur dan spesifikasi untuk gamer dan overclocker. Dari segi tampilan, ASUS dengan sepenuh hati merancang berbagai produk ROG termasuk motherboard. ASUS ROG Maximus XI Extreme hadir dengan balutan hitam dan abu-abu yang tampak mewah, eksklusif, dan tangguh. Tampilan ini menjadi lebih indah ketika LED RGB di beberapa bagian armor menyala.

Review ASUS ROG Maximus XI Extreme

Review ASUS ROG Maximus XI Extreme

Ketika menyala, daya tarik perhatian yang paling menarik adalah kehadiran Live Dash untuk menampilkan semua informasi boot dalam bentuk kode pos dan tampilan logo yang muncul masih dapat dipersonalisasi. Selain itu, Q-Code masih tersedia dengan fungsi yang tidak jauh berbeda. Dari dua fitur ini, telah ada dukungan untuk overclocker yang tentunya menggunakan motherboard ASUS ROG Maximus XI Extreme sebagai testbed tanpa casing.

Ditambah lagi masih ada tombol boot seperti Start dan Reset yang bisa diakses langsung di motherboard. Sebagaimana dinyatakan bahwa motherboard ini dilengkapi dengan chipset Intel Z390. Ada empat slot RAM untuk DDR4 DIMM dengan kapasitas maksimum 64GB. Melalui pembaruan BIOS sekarang dapat mencapai kapasitas maksimum 128GB. Slot RAM mendukung fitur Dual Channel Memory. Dalam mode OC, ASUS menyebutkan bahwa kecepatan RAM yang dipasang bisa mencapai 4400MHz.

Sementara untuk dukungan penyimpanan, ada dua slot M.2, mode PCIe 3.0 x4 dan PCIe 3.0 x4 SATA, dan masih ada ROG DIMM.2 sebagai tambahan. Ada juga enam port SATA 3Gbps yang tersedia. Dukungan lain juga dimaksudkan untuk overclocking keberadaan header untuk mendukung sistem pendingin cair. Untuk slot ekspansi serta kartu grafis ada dua slot PCIe 3.2 / 2.0 yang berjalan dalam mode x16 dan secara otomatis berjalan dalam mode x8 ketika kedua slot digunakan.

Di sisi konektivitas ada port LAN dengan dukungan untuk Intel I219-V Gb LAN yang sudah memiliki dukungan ROG Game First V. Motherboard ini juga menyediakan modem WiFi Intel Wireless-AC9560 MU-MIMO yang mendukung koneksi internet bandwidth besar. Ada juga dukungan untuk koneksi Bluetooth 5.0. Mengenai kualitas audio ASUS ROG Maximus XI Extreme, dukungan Sonic Studio III dan Sonic Radar III. Beralih ke Port I / O yang dilengkapi dengan pelindung ASUS ROG Maximus XI Extreme ternyata sangat lengkap. Ada port HDMI, empat port USB 3.1 Gen2 (Type-C & Type-A), enam port USB 3.1 Gen1, port USB Flashback BIOS, dan tombol Clear CMOS. Ada juga port jack audio.

Bagaimana kinerjanya?
Dalam tes yang dilakukan oleh us.id, ASUS ROG Maximus XI Extreme dijalankan dalam mode default tanpa mengaktifkan XMP untuk melihat kinerja default. Motherboard ini dipasangkan dengan komponen yang kami uji.

Diantaranya adalah prosesor Intel Core i9-9900K dan dua buah Apacer Panther RAGE 2400MHz 8GB RAM card sehingga total RAM 16GB. Pendingin menggunakan kartu grafis NH-U21S Noctua dan Colorful iGame GTX 1070 X-Top-8G.