Review ASUS ROG Strix GeForce RTX 2070 8G Gaming OC

Review ASUS ROG Strix GeForce RTX 2070 8G Gaming OC –  Setelah meninjau ASUS ROG Strix GeForce RTX 2080 08G Gaming, kali ini, kami berkesempatan untuk mencoba ASUS ROG Strix GeForce RTX 2070 8G Gaming OC. Melihat desain eksternal, ASUS ROG Strix GeForce RTX 2070 8G Gaming OC nampak tidak jauh berbeda dengan ROG Strix GeForce RTX 2080 08G Gaming. Penampilan luarnya masih mirip dengan desain kartu grafis seri ASUS ROG Strix GeForce GTX.

Review ASUS ROG Strix GeForce RTX 2070 8G Gaming OC

Review ASUS ROG Strix GeForce RTX 2070 8G Gaming OC

Masih ada LED RGB di bagian atas dan bawah dari tiga kipas pendingin, termasuk logo ASUS RGB yang dapat disesuaikan melalui perangkat lunak ASUS Aura Sync. Selain itu, ada juga sakelar untuk menonaktifkan LED RGB seperti pada seri Gaming ASUS ROG Strix GeForce RTX 2080 08G.

Untuk mencegah pembengkokan, ASUS masih melengkapi frame tambahan dengan tulisan GeForce RTX di tubuhnya. Beralih ke sistem pendingin, produk ini masih menggunakan tiga kipas pendingin. Jika dilihat dengan cermat, bentuk sirip kipas berbeda dari ASUS ROG Strix GeForce RTX 2080 08G Gaming.

Jika ASUS ROG Strix GeForce RTX 2080 08G Gaming menggunakan desain Axial-tech Fan, ASUS ROG Strix GeForce RTX 2070 8G Gaming OC menggunakan paten desain ASUS Wing Blade, meskipun masih memiliki fitur Teknologi 0db.

Dengan fitur ini, kipas hanya akan berputar atau bekerja secara aktif ketika suhu yang terdeteksi mencapai di atas 50 derajat Celcius dalam mode Q Mode. Ya, ASUS ROG Strix GeForce RTX 2070 8G Gaming OC masih dilengkapi dengan sakelar Dual BIOS.

Di bagian atas, ada saklar kecil untuk secara manual memilih mode kinerja kartu grafis. Ada Mode Q (Diam) untuk sistem pendingin sunyi dan Mode P (Kinerja) yang akan membuat kipas pendingin bekerja lebih efisien saat komputer diharuskan untuk memberikan kinerja tinggi.

Dalam mode pengujian kami, ASUS ROG Strix GeForce RTX 2070 8G Gaming OC dijalankan dalam Mode P tanpa overclocking untuk melihat peningkatan kinerja secara default.

Seperti diketahui, kartu grafis ini memiliki tambahan OC dalam namanya, yang mendukung overclocking pada PC pengguna.

ASUS juga telah menyematkan dukungan NVIDIA G-Sync untuk meminimalkan efek robeknya layar atau gagap pada monitor yang menggunakan ASUS ROG Strix GeForce RTX 2070 8G Gaming OC.

Pada panel port output ada dua port HDMI 2.0b, dua port DisplayPort 1.4 dan USB Type-C. Sayangnya, kartu grafis ini tidak mendukung fitur NVIDIA SLI.

Bagaimana kinerjanya?
ASUS ROG Strix GeForce RTX 2070 8G Gaming OC hadir dengan spesifikasi inti 2304 CUDA dengan VRAM GDDR6 8GB. Dalam mode jam dasar berada di 1410MHz dan meningkatkan jam di 1815MHz. Sedangkan dalam mode OC (overclocking) boost clock yang ditulis oleh ASUS dapat mencapai 1845MHz.

Kartu grafis ini diuji menggunakan dukungan uji dari kami. Pada motherboard digunakan ASUS ROG Strix Z390 Maximus XI Extreme dengan Intel Core i9-9900K. Ditambah mode BIOS yang digunakan dalam pengujian adalah Mode P (Kinerja).