Review ASUS ZenBook UX333FA

Review ASUS ZenBook UX333FA – Sebagai seorang jurnalis, laptop adalah “senjata” yang harus selalu saya bawa. Ke mana pun saya pergi, saya selalu menggunakan ransel untuk membawa laptop. Saya menguji ZenBook 13 UX333FA selama dua minggu. Selama waktu itu, saya masih harus membawa laptop ke mana pun saya pergi. Hanya saja, laptop ini memiliki tubuh yang tipis dan ringan sehingga saya bisa memasukkannya ke dalam tas jinjing biasa alih-alih tas khusus untuk laptop.

Review ASUS ZenBook UX333FA

Review ASUS ZenBook UX333FA

Di masa lalu, ukuran laptop berbanding lurus dengan kinerja. Semakin besar laptop, semakin baik kinerjanya. Formula tidak lagi valid sekarang. Sebagian besar laptop premium menawarkan tubuh yang ringan dan ramping. Salah satunya adalah ZenBook 13 dari ASUS. Lalu, apakah tubuh kurus dan ringan satu-satunya keunggulan ZenBook 13? Inilah ulasan lengkapnya.

Desain

Ketika ASUS meluncurkan ZenBook 13, mereka menyebutkan bahwa laptop ini bahkan memiliki ukuran lebih kecil dari kertas A4. Dengan panjang 30,2 cm dan lebar 18,9 cm, laptop ini memang cukup kecil untuk dimasukkan dalam tas jinjing biasa. Bodinya kurus dengan ketebalan 1,69 cm.

Dengan tebal kurang dari 2 cm, saya khawatir bahwa saya harus beradaptasi dengan gaya hidup “Dongle Life”. Untungnya, kekhawatiran saya tidak menjadi kenyataan. Meski tipis, laptop terbaru dari ASUS ini memiliki konektivitas yang cukup lengkap.

ZenBook 13 memiliki satu USB 3.1 Tipe-C, satu USB 3.1 Tipe A, satu USB 2.0 Tipe-A, jack audio, pembaca kartu microSD, dan bahkan port HDMI.

ASUS menjelaskan mengapa mereka tidak dapat menginstal dua USB 3.1 Type-A. Alasannya adalah karena untuk menginstal dua USB 3.1 Tipe-A, mereka akan membutuhkan rangkaian tambahan, yang tidak akan cocok untuk dipasang pada motherboard UX333FA yang memang sangat kecil.

Namun, saat menggunakan ZenBook UX333FA selama dua minggu, saya tidak menemui hambatan berarti dengan port yang ada.

Untuk varian 13 dan 14 inci, ASUS menyediakan tiga pilihan warna, yaitu Royal Blue, Icicle Silver, dan Burgundy Red. Medcom.id mendapat kesempatan untuk mencoba warna Royal Blue. Memang, laptop terlihat mewah dengan kombinasi aksen biru tua dan emas.