Review Epson WorkForce DS-360W Scanner Portabel

Epson WorkForce DS-360W

Epson WorkForce DS-360W

Epson konsisten dengan pengembangan divisi bisnis produk cetak dan pemindai cetak. Kali ini kami mencoba salah satu produk unggulan dari jenis pemindai atau pemindai dokumen.

Kami menguji Epson WorkForce DS-360W. Melihat ukurannya yang kecil, pemindai ini memang tergolong pemindai portabel. Menggunakan kartu nama sebagai perbandingan, itu menunjukkan betapa kompaknya desain produk ini.

Berat dari Epson WorkForce DS-360W saja hanya 1,3kg, jadi masih sangat ringan saat dibawa dengan satu tangan. Di balik desainnya yang sangat ringkas
menemukan fitur fungsional yang mendukung sifat portabelnya.

Saat digunakan, bagian atas akan berfungsi sebagai baki untuk memasukkan dokumen yang akan dipindai. Epson WorkForce DS-360W mendukung berbagai ukuran dokumen yang diklasifikasikan sebagai lengkap dari ukuran letter, legal, A4-A6 dan B5.

Selain itu, Epson WorkForce DS-360W juga dapat digunakan untuk memindai kartu nama dengan jenis kertas biasa atau plastik dengan mengubah opsi jenis dokumen melalui tombol pada pemindai.

Epson menyebut baki pemindaian mendukung 20 lembar kertas dengan ketebalan kertas 51,8-128 gram. Pemindai Epson WorkForce DS-360W juga mendukung pemindaian skala hitam-putih, warna, abu-abu, dan ada satu atau dua opsi pemindaian sisi yang tersedia sekaligus.

Epson WorkForce DS-360W menggunakan sensor tipe CIS dengan sumber cahaya LED RGB. Resolusi optiknya adalah 600×600 dpi dengan output 50-1200 dpi. Pindaian dapat disimpan dalam berbagai jenis file dokumen, mulai dari JPEG, PNG, BMP, hingga PDF.

Dari pengalaman, hasilnya cukup tajam dengan proses pemindaian cepat. Menariknya, kami menemukan bahwa selain portabel, Epson WorkForce DS-360W juga memiliki baterai lithium-ion serta koneksi nirkabel selain menggunakan kabel USB.

Ya, berkat penggunaan baterai lithium-ion, Epson WorkForce DS-360W tidak hanya portabel dalam hal desain, tetapi juga fungsi yang dapat dibawa dan digunakan tanpa mencari sumber daya.

Koneksi nirkabel menggunakan WiFi juga merupakan nilai tambah. Ini berarti bahwa Epson WorkForce DS-360W juga dapat dihubungkan ke perangkat lain dan bahkan smartphone, tanpa menggunakan kabel USB atau sejenisnya.

Kesimpulan
Epson WorkForce DS-360W berhasil menghadirkan pemindai kuat yang mendukung kebutuhan pengguna dengan mobilitas tinggi. Kombinasi desain yang ringkas dengan fitur nirkabel dan baterai menjadikan produk ini benar-benar portabel.

Melihat harga yang ditawarkan di internet, Epson WorkForce DS-360W dihargai sekitar Rp. 4 juta. Tentu saja harga ini agak tinggi karena pada harga ini konsumen bisa mendapatkan printer kompak yang disertai dengan fitur pemindai.

Namun harga yang lumayan tinggi ini memang sepadan dengan desain portabel yang ringkas dan koneksi nirkabel yang ditawarkan.