Review Lengkap MSI Trident X

Sekarang kami sedang meninjau seri terbaru, yaitu MSI Trident X. Dalam versi terbaru ini MSI melakukan perbaikan menyeluruh dengan menggunakan komponen dan spesifikasi kelas atas. Di Indonesia, MSI Trident X hadir dengan beberapa penyesuaian komponen sehingga harganya masih terjangkau, di sini biayanya USD 2699 atau sekitar Rp 38 juta menurut pemantauan kami di internet. Apa pengalaman yang ditawarkan oleh produk ini?

MSI Trident X

MSI Trident X

MSi Trident X memiliki desain yang sedikit berbeda dari MSI Trident 3. Posisinya di MSI Trident X hanya dapat berada dalam mode menara alias dudukan dengan kaki dukungan, yang tidak dapat dilepas. Berbeda dengan MSI Trident 3 yang dapat digunakan dalam posisi horizontal. Ini karena panel kiri MSI Trident X memiliki lubang ventilasi untuk kartu grafis dan PSU, sedangkan panel sisi kanan memiliki lubang ventilasi CPU. Selain itu, ukuran produk ini lebih besar, yaitu 15 x 15,6 inci dengan ketebalan 5,1 inci dan berat 6,55 kg.

Panel sisi kanan dan kiri dan atas menggunakan panel bahan logam, tetapi dapat diganti dengan panel kaca tempered. Panel depan menggunakan jenis bahan plastik finishing glossy. Kami tidak memiliki masalah jika MSI Trident X tidak dapat digunakan dalam posisi horizontal, karena posisi itu akan benar-benar terjadi.

Bodi yang tipis masih dapat memuat I / O Port yang sangat lengkap. I / O Port belakang memiliki port Combo PS / 2, dua port USB 2.0, satu USB 3.1 Gen2 Type-A dan Type-C, dua USB 3.1 Gen1 (Type-A), dan port RJ45 dan lima jack audio. Untuk kebutuhan visual, satu port Display Port 1.2 dan port HDMI 1.4 disediakan. Jangan lewatkan konektivitas Intel Dual Band Wireless-AC dan Bluetooth 4.2 dan modul Intel I219-V.

Jumlah port jauh lebih banyak daripada di MSI Trident 3. Kami menemukan bahwa port khusus untuk fitur VR Link menghubungkan perangkat headset VR yang tidak ada dari MSI Trident X. Di bagian depan terdapat beberapa port I / O yang terdiri dari satu port USB 3.1 Gen1 (Tipe-C), satu USB 3.2 Gen1 (Tipe-A), satu USB 2.0 (Tipe-A), dan dua jack audio untuk mikrofon dan headphone .

Bagaimana kinerjanya?

MSI Trident X sebenarnya hadir dengan dua opsi prosesor, Intel Core i9-9900K dan i7-9700K. Unit yang kami temui adalah opsi kedua. Kartu grafis yang juga disebut MSI hadir dalam tiga pilihan: MSI NVIDIA GeForce RTX 2080 Ti, 2080, dan 2070. Unit pengujian kali ini menggunakan RTX 2080 8GB. Untuk memenuhi kebutuhan memori internal, ada satu slot M.2 SSD dan dua slot HDD 2,5 inci. Dalam paket penjualan, MSI Trident X menggunakan satu Samsung PM981 512GB NVMe SSD dan 2TB HDD. Kapasitas RAM yang diberikan adalah 32GB DDR4 2666 MHz. Kami kemudian menguji kinerja MSI Trident X yang didukung oleh periferal dari testbed dan monitor gaming MSI Optix MAG271CQR yang memiliki refresh rate 144Hz.

Kesimpulan

MSI Trident X tidak mengecewakan dalam hal kinerja, sehingga harga dipatok sesuai. Beberapa konsumen mungkin menilai bahwa merakit PC di kelas produk ini tidak akan semahal harga yang ditawarkan. Namun, MSI Trident X adalah PC gaming yang ringkas. Desain dan kinerja adalah nilai jual utama dari MSI Trident X. Di sisi lain, kami tidak suka tampilannya karena MSI Trident 3 masih lebih menarik.

Berbekal komponen dapur generasi terbaru, tak heran MSI Trident X mampu memiliki skor pengujian tinggi termasuk bermain game kelas AAA dengan grafis berkualitas ultra. Harap dicatat bahwa MSI Trident X telah memenangkan penghargaan dari CES 2019. Jika Anda seorang konsumen yang enggan khawatir memiliki komponen terbaik untuk merakit PC, MSI Trident X dapat dipertimbangkan terutama bagi konsumen yang enggan membeli laptop gaming dengan harga fantastis.