Review Lenovo IdeaPad 720s

Review Lenovo IdeaPad 720s –  Saat ini, ada berbagai tuntutan yang membuat Anda bekerja dari luar kantor. Karena itu, banyak pekerja mulai mencari laptop dengan tubuh kurus yang dapat mereka bawa ke mana-mana. Menyadari hal ini, produsen laptop juga menyediakan laptop ultraslim. Salah satunya adalah Lenovo.  Salah satu laptop ultraslim yang disediakan oleh perusahaan China adalah IdeaPad 720s 13-ARR. Di laptop ini, mereka menanamkan Ryzen 7 2700U dari AMD. Bagaimana kinerjanya?

Lenovo IdeaPad 720s

Lenovo IdeaPad 720s

Desain

Mungil dan ringan. Itulah dua hal pertama yang saya sadari ketika menggunakan Lenovo IdeaPad 720s. Di Silver Platinum, IdeaPad 720s terlihat sederhana dan elegan. Satu-satunya hiasan di bagian belakang laptop adalah tulisan perak Lenovo. Meskipun berbadan kecil, IdeaPad 720s tampak kokoh. Tidak heran, mengingat Lenovo menggunakan aluminium dan magnesium sebagai bahan di bagian belakang laptop. Meski begitu, bezel di layar masih terbuat dari plastik, membuatnya terkadang terasa goyah.

Untungnya, Lenovo membuat engsel IdeaPad 720s berputar hingga 180 derajat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bahwa engselnya akan pecah ketika layar laptop didorong ke belakang. Laptop ini memiliki layar 13,3 inci. Namun, berkat bezel yang tipis, laptop Lenovo akan terlihat seperti laptop 12 inci. Laptop ini juga memiliki tubuh yang kurus. Bagian paling tebal hanya mencapai 1,36 cm. Saat menggunakan laptop ini, saya bisa membawanya menggunakan tas jinjing biasa dan bukan tas khusus untuk membawa laptop.

Bobotnya hanya mencapai sekitar 1,1 kilogram. Jadi, membawa laptop ini bepergian bukan masalah. Sayangnya, bodi yang tipis berarti tidak banyak port. Di sebelah kiri, Anda akan menemukan port USB 3.1 Type-C untuk mengisi daya baterai, satu port USB Type-A 3.1, dan satu port USB Type-C 3.1 lainnya. Anda dapat menggunakan kedua port Type-C sebagai DisplayPort. Saat berada di sisi kanan laptop, Anda akan menemukan satu port USB Tipe-A dan jack audio 3,5mm. Sayangnya, Anda tidak akan menemukan slot kartu SD.

Performa & Fitur

Lenovo menggunakan Ryzen 7 2700U dengan RAM 8GB untuk IdeaPad 720s. Untuk hanya melakukan tugas sehari-hari, seperti menjelajahi internet dan membuka aplikasi Office dan perangkat lunak kantor lainnya. Satu hal yang menarik, ketika kami melakukan tes dengan Cinebench, nilai benchmark pertama mencapai nilai 545. Namun, pada tes ketiga dan seterusnya, angka ini turun menjadi sekitar 350-an. Ini menunjukkan bahwa IdeaPad 720s hanya dapat memanfaatkan kinerja terbaik prosesor hanya dalam waktu singkat.

Untuk masalah kartu grafis, AMD Ryzen 7 2700U hadir dengan kartu grafis Radeon RX Vega 10 yang terintegrasi. Meskipun Lenovo menawarkan IdeaPad 720s sebagai laptop ultraslim dan tidak ditujukan untuk para gamer, laptop tipis ini cukup mampu untuk memainkan game-game mainstream seperti DOTA 2.

Dengan pengaturan grafis terendah, dengan IdeaPad 720s, Anda dapat memainkan game DOTA 2 dengan rata-rata framerate sekitar 50 fps. Sementara jika Anda meningkatkan pengaturan grafis dalam pengaturan menengah, framerate memang berkurang hingga sekitar 30 fps. Angka itu masih di ambang batas yang memungkinkan bermain dengan lancar.

Saat diuji dengan PC Mark untuk baterai, IdeaPad 720s dapat bertahan sekitar 4 jam. Karena benchmark adalah simulasi untuk menggunakan laptop tanpa henti, ketika Anda menggunakan laptop di dunia nyata, baterainya akan lebih lama. Untuk laptop dengan tubuh kecil seperti IdeaPad 720s, daya tahan baterainya cukup memuaskan.