Review MSI Optix MAG271CQR

MSI juga terkenal dengan jajaran produk gaming dari segmen monitor melalui Optix Gaming. Salah satu hal yang telah kami pelajari adalah MSI Optix MAG271CQR. Ya, namanya memang cukup panjang dan sulit dihafal. Terungkap bahwa seri MAG mengacu pada monitor yang memiliki fitur pengaturan ketinggian, kemiringan, dan putar. Layar dapat diatur tinggi, sudut kanan kiri atau bawah atau menghadap ke atas. Semetara angka 27 mengacu pada ukurannya yang 27 inci.

Review MSI Optix MAG271CQR

Review MSI Optix MAG271CQR

Proses instalasi tidak terlalu rumit. MSI Optix MAG271CQR hadir dengan tiga komponen utama yang harus disatukan. Kita bisa mengumpulkannya dengan satu orang. Sejauh ini, kami telah menemukan bahwa kebanyakan monitor hanya memiliki dua komponen utama.

Artinya, proses instalasi lebih pendek. Pertama kali saya mencobanya, menurut kami, ukurannya ideal. MSI Optix MAG271CQR memiliki layar melengkung 27 inci. Ukuran ini jauh lebih nyaman daripada monitor Samsung melengkung 49 inci yang telah kami ulas.

Kelengkungan 1800R tidak terlalu lebar, tetapi sekali lagi sangat pas dan nyaman saat digunakan. Sudut melengkung menyajikan sudut pandang lebar 178 derajat. Desainnya mengusung model tanpa bingkai sehingga monitor ini terlihat seperti bezel-less.

Di atas kertas, spesifikasi MSI Optix MAG271CQR memenuhi standar monitor gaming. Pertama adalah resolusi 2560×1440 WQHD dengan panel tipe VA yang memiliki kecepatan refresh maksimum 144Hz saat bermain dan waktu respons 1ms.

Panel telah mengadopsi teknologi anti silau, sehingga tetap nyaman, alias tidak silau ketika posisi Anda dan monitor kembali ke arah cahaya.

Kami mencoba memainkan permainan Assassin’s Creed Odyssey dalam kualitas ultra grafis, refresh rate 144Hz dan waktu respons 1 ms untuk memanjakan mata. Gerakannya terasa halus dan responsif dengan kualitas grafis yang tajam.

Selain itu, tampaknya MSI Optix MAG271CQR memiliki dukungan AMD FreeSync yang mencegah layar sobek pada kecepatan refresh yang tinggi. Opsi konfigurasi lainnya dapat diakses dengan dua cara, OSD yang dapat dikontrol melalui joystick di sudut kanan belakang layar.

Jangan lupa bagian belakang ornamen LED RGB didukung oleh fitur Echo Gaming. Fitur ini disebut menampilkan standar warna sesuai dengan elemen permainan yang dimainkan, menurut kami penampilannya kurang terlihat.

Cara lain adalah dengan mengunduh perangkat lunak MSI Gaming OSD. Namun, saat menggunakan ini, Anda harus menghubungkan kabel USB Type-B ke Type-A ke PC. Ini cukup merepotkan karena ia menambahkan kabel yang harus dihubungkan antara PC dan monitor.

Sebenarnya penampilan perangkat lunak Gaming OSD dengan OSD melalui joystick tidak jauh berbeda. Opsi preset untuk pengaturan keseluruhan adalah Mode Gaming dan Mode Profesional. Dalam Mode Permainan, opsi pengaturan lainnya, mulai dari preset berdasarkan jenis game.

Ada juga dukungan untuk Screen Assistance dalam bentuk penunjuk dalam bentuk tembakan untuk permainan seperti First Person Shooter yang membuatnya lebih mudah bagi pemain untuk membidik musuh dengan lebih cepat.

MSI Optix MAG271CQR juga memiliki dukungan tampilan Picture-in-Pciture dan Picture-by-Picture untuk kebutuhan multi-tasking. Sementara di Port I / O ada dua port HDMI 1.4, satu port DisplayPort, dua port USB 2.0, satu port USB Type-B dan satu audiojack untuk headphone.